Monday, June 20, 2011

Di Manakah Letak Hati?

Anda merasakan jatuh cinta? Anda merasakan rindu kepada seseorang? Disebut apakah semua itu? Saya pikir itu adalah sebuah perasaan. Darimana asal perasaan itu? Jika sebuah ide, asalnya dari otak, yang terletak dikepala, jadi perasaan itu apakah dari hati? Orang-orang bilang iya.. Dimanakah letak hati itu? Tepat ditengah dada? Banyak yang bilang seperti itu, tapi setahu saya yang didada itu adalah jantung, yang fungsinya adalah mengedarkan darah keseluruh tubuh, dan setahu saya jantung tidak mempunyai fungsi untuk merasakan. Karena yang menghasilkan perasaan itu adalah.. otak manusia itu sendiri. 
sebagai bahan masukkan, bisa kita lihat ayat Al-Qur'an
"Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada" (22:46)

coba kita baca hadist berikut
"Ketahuilah bahwa dalam jasad ada segumpal daging, jika ia baik maka seluruh jasad menjadi baik, tetapi jika ia rusak maka seluruh jasad akan menjadi rusak, ketahuilah segumpal daging itu adalah hati”. (HR. Bukhari Muslim)
Oke, anda merasakan dada anda berdegup kencang saat bertemu orang yang anda suka, apakah itu perasaan? Tidak, itu adalah respon dari otak yang direkam oleh indera penglihatan kemudian menaikkan adrenalin sehingga butuh banyak supply darah dan membuat jantung bekerja lebih cepat. Dan gambar hati yang sering dipakai dalam hal perasaan itu sebenarnya adalah gambar jantung, maka dari itu diletakkan didada, silahkan lihat gambar berkut. lihatlah tonjolan dua diatas gambar itu dan meruncing kebawah, itu adalah gambar jantung yang dibuat lebih simple.

"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya" (Qaaf 16). Ini menunjukkan relasi antara Allah SWT dengan hamba-Nya, sekaligus mengisyaratkan pentingnya pembuluh darah di leher dan hubungannya dengan jantung.
Terlihat bukan? Dan itu mengapa disebut heart dalam bahasa inggris. Baiklah, anda mengatakan dikamus kata heart itu bisa berarti jantung dan hati. Tapi di Indonesia apakah hati itu sama dengan jantung? Tentu tidak. Coba lihat gambar hati, bentuknya tidak beraturan dan sangat berbeda dengan gambar hati yang anda sering gunakan sehari-hari. Dan letaknya bukanlah didada, tetapi diatas lambung dan itu terletak di perut, bukan didada.
Sekarang bedakan orang luar dan orang lokal (kita sebagai orang Indonesia)  mengumpamakan asal perasaan.Heart yang mereka artikan adalah jantung yang fungsinya menyebarkan darah keseluruh tubuh, dan sebagai sumber kehidupan, dan itu kenapa kata love itu begitu berharga karena merupakan salah satu sumber kehidupan bagi mereka. Dan sumber perasaan bagi mereka adalah sumber kehidupan itu sendiri.
Sekarang bagaimana dengan kita yang menganggap itu adalah hati?  Yang sebenarnya gambar hati adalah yang diatas lambung itu. Apa fungsinya? Fungsinya adalah menyaring racun di tubuh. Sebagai penyaring racun tentu, hati adalah tempat berkumpulnya racun. Sekarang sumber perasaan anda adalah hati yang merupakan tempat racun. Bagaimana perasaan anda sekarang? Itu sebabnya anda terlalu banyak terluka perasaannya karena hati yang merupakan sumber racun. Namun itu hanyalah permainan dari otak anda yang secara tidak sadar terpogram akibat dari keseharian anda sendiri.
Saya hanya menggunakan logika saya untuk mendefinisikan itu, terserah anda menilainya seperti apa. Terima kasih. Jika anda telah memahami ini, maka anda dapat memahami bahwa sumber perasaan adalah sumber kehidupan anda sendiri, disitu terletak God Spot, yang merupakan hati nurani anda. temukanlah dan jadilah Manusia yang Anda Impikan!!
Jika ingin bahasan yang ilmiah bisa kunjungi http://www.eramuslim.com/syariah/tsaqofah-islam/dr-rinto-anugraha-dosen-ugm-yogyakarta-kebenaran-islam-di-sebuah-jurnal-ilmiah-kedokteran-internasional.htm 
---------------------------------------------------------------------
Cara Meningkatkan Kemampuan untuk Presentasi yang Sukses
Cara belajar EKG secara otodidak dengan cepat
Belajar Ngomong Bahasa inggris tanpa pusing karena Grammar
MOHON KESEDIAAN PEMBACA UNTUK MEMBERIKAN PLUS ONE (+1) UNTUK POSTING INI

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Like it !